Muatan listrik: definisi, jenis, sifat, rumus, contoh soal

Muatan listrik: definisi, jenis, sifat, rumus, contoh soal

Definisi muatan listrik

Muatan listrik adalah muatan dasar pada suatu benda, menyebabkannya mengalami kekuatan benda lain yang ada di dekatnya dan juga memiliki muatan listrik. Simbol Q sering digunakan untuk menggambarkan kargo. Satuan sistem internasional Q adalah coulomb dengan beban dasar 6,24 x 1018.

Muatan-listrik-definisi-jenis-sifat-rumus-contoh-soal

Q adalah sifat dasar material, apakah itu proton (muatan positif) dan elektron (muatan negatif). Muatan listrik total pada atom atau material dapat menjadi positif jika atom kekurangan elektron. Sedangkan atom dengan elektron berlebih bermuatan negatif.

Besar kecilnya beban tergantung dari banyaknya atau tidak adanya elektron-elektron tersebut, sehingga bahan / muatan atom merupakan kelipatan dari satuan dasar Q. Pada atom netral, banyaknya proton sama dengan banyaknya elektron yang mengelilinginya (membentuk a ) Beban total, netral atau tidak diisi).

Jenis muatan listrik

Plastik ini digosok dengan bulu atau rambut ditarik dengan kaca, digosok dengan kain. Plastik dan kaca menarik, sehingga plastik dan kaca memiliki muatan listrik yang berbeda.

Jika benda menolak dengan plastik tetapi ditarik dengan kaca, muatannya sama dengan beban pada plastik. Sebaliknya, jika benda menolak kaca tetapi menarik plastik, ia memiliki muatan yang sama dengan beban pada kaca.

Benjamin Franklin (1706-1790), seorang negarawan dan ilmuwan Amerika, menyarankan untuk menyebut kedua jenis tuduhan tersebut sebagai muatan positif dan negatif.

Ini juga berkaitan dengan muatan listrik seperti pada kaca sebagai muatan positif dan muatan listrik seperti pada plastik sebagai muatan negatif. Benda bermuatan menolak untuk melawan kaca bermuatan, yang seharusnya bermuatan positif, karena muatan timbal balik ditolak.
Lihat juga: √Hormon pada Tumbuhan

Sebaliknya, benda bermuatan ditarik oleh kaca bermuatan, ia harus bermuatan negatif karena jenis konten yang sama tidak menarik. Benda bermuatan juga menolak untuk menahan muatan plastik. Itu harus bermuatan negatif karena jenis penurunan timbal balik yang ditolaknya.

Sebaliknya, objek yang tertarik pada plastik yang dimuat harus bermuatan positif karena jenis konten yang sama tidak menarik.

Sifat muatan listrik

Jenis muatan listrik adalah suatu sifat yang menunjukkan sifat dan sifat suatu benda bermuatan. Ciri-ciri pengisian listrik adalah:

Ada gaya penghancur antara dua benda yang dimuati dengan jenis muatan yang sama.
Arah gaya tarik antara dua objek bermuatan versus jenis beban.
Muatan positif berarti kekurangan elektron
Muatan negatif berarti benda tersebut memiliki elektron berlebih
Muatan listrik yang besar pada suatu benda merupakan kelipatan muatan dasar elektron, E = -1,6 x 10 ¹.
Muatan positif dan negatif dapat saling menetralkan selama keduanya memiliki muatan yang sama besar.
Pada tubuh konduktor, muatan listrik didistribusikan secara merata ke seluruh permukaan benda.
Muatan listrik dipecah menjadi sejumlah besar pada permukaan yang sempit (misalnya tepi tajam suatu benda), dan jika tidak, muatan dibagi dengan jumlah yang lebih kecil pada permukaan yang lebih luas. [Lihat gambar terlampir]
Muatan listrik positif terakumulasi pada titik yang menyebabkan potensial listrik positif (tinggi), dan sebaliknya muatan listrik negatif terakumulasi pada titik yang menyebabkan potensial listrik negatif (rendah).
Arus listrik terjadi ketika ada beda potensial daya dan arah pergerakan muatan negatif (listrik) mengalir dari potensial negatif (rendah) ke potensial positif (tinggi).

 

BACA JUGA :